Mungkin diantara para blogger ada yang belum tau apa itu rel=”nofollow”. Rel=”nofollow” adalah cara kepada webmaster untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini” atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini.” Tautan khusus itu maksudnya link eksternal atau link yang tidak berkaitan dengan tautan blog itu sendiri, misalkan facebook.com, twitter.com dan lain sebagaimana, karena itu semua berbeda dengan link blog itu sendiri. Dengan kata lain, link eksternal itu tidak berarti buat blog itu sendiri.

Berikut ini penjelasalan tentang rel=”nofollow” menurut Google

Bagaimana Google menangani tautan yang tidak diikuti?

Secara umum, kami tidak mengikuti tautan tersebut. Artinya, Google tidak memindahkan PageRank atau teks tautan pada tautan-tautan ini. Pada dasarnya, menggunakan nofollow membuat kami membuang tautan target dari grafik web kami secara keseluruhan. Namun, laman target mungkin masih muncul di indeks kami jika situs lain ditautkan ke tautan tersebut tanpa menggunakan nofollow, atau jika URL-nya dikirimkan ke Google di Peta Situs. Penting untuk diperhatikan juga bahwa mesin telusur lain mungkin menangani nofollow dengan cara yang sedikit berbeda.

Apa kebijakan dan contoh khusus Google tentang penggunaan nofollow?

Berikut adalah beberapa kasus yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk menggunakan nofollow:

  • Konten yang tidak dapat dipercaya: Jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menjamin konten laman yang Anda tautkan dari situs — misalnya, komentar pengguna atau entri buku tamu yang tidak dapat dipercaya — Anda dapat menerapkan nofollow pada tautan tersebut. Hal ini dapat menghindari pelaku spam sehingga tidak menargetkan situs Anda dan akan membantu menjaga situs Anda agar tidak melewati PageRank secara tidak sengaja dan masuk ke lingkungan yang buruk di web. Secara khusus, pelaku spam komentar mungkin memutuskan untuk tidak menargetkan sistem pengelolaan konten atau layanan blog tertentu jika mereka dapat melihat bahwa tautan yang tidak dapat dipercaya di layanan tersebut tidak diikuti. Jika Anda ingin mengenali dan memberi penghargaan pada kontributor yang dapat dipercaya, Anda dapat secara otomatis atau manual menghapus atribut nofollow di tautan yang diposkan oleh anggota atau pengguna yang secara konsisten memberikan kontribusi berkualitas tinggi dari waktu ke waktu.

  • Tautan berbayar: Sebagian peringkat situs di hasil penelusuran Google berdasarkan analisis terhadap situs lain yang menautkan ke situs tersebut. Untuk mencegah tautan berbayar memengaruhi hasil penelusuran dan berpengaruh negatif pada pengguna, kami meminta webmaster agar menggunakan nofollow pada tautan seperti itu. Pedoman mesin telusur mewajibkan pengungkapan tautan berbayar yang terbaca mesin dengan cara yang sama seperti saat pelanggan online dan offline menghargai pengungkapan hubungan berbayar (misalnya, iklan surat kabar satu halaman penuh dapat diberi judul dengan kata “Iklan”). Informasi selengkapnya tentang sikap Google terhadap tautan berbayar.

  • Prioritas perayapan: Robot mesin telusur tidak dapat masuk atau mendaftar sebagai anggota forum Anda, sehingga tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot agar mengikuti tautan “daftar di sini” atau “masuk”. Menggunakan nofollow pada tautan ini memungkinkan Googlebot merayapi laman lain yang ingin Anda lihat di indeks Google. Namun, arsitektur informasi yang solid — navigasi intuitif, URL yang ramah pengguna dan mesin telusur, dan sebagainya— tampaknya akan jauh lebih produktif dalam penggunaan sumber daya dibandingkan dengan fokus pada prioritas perayapan melalui tautan yang tidak diikuti.

Cara membuat link nofollow

  • Di Blogger

Beri ceklis pada add rel=”nofollow” attribute

rel="nofollow"
rel=”nofollow”
  • Menggunakan edit html

Link Terbuka di Tab Baru, Biasa

<a href="http://domainblogsaya.blogspot.com/2011/07/backlink.html" target="_blank" rel="noopener">Tukar Link</a>

Link Terbuka di Tab Baru, Nofollow
<a href="http://domainblogsaya.blogspot.com/2011/07/backlink.html" rel="nofollow" target="_blank">Tukar Link</a>

  • Membuat seluruh link eksternal menjadi nofollow

Cara untuk membuat seluruh link ekseternal menjadi nofollow sebenarnya cukuplah mudah.Letakkan kode dibawah ini, di atas kode </body>.
<!-- External Link No Follow -->
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
jQuery('a').each(function() {
var href = jQuery(this).attr('href');
if (typeof href != 'undefined' && href != "" && (href.indexOf('http://') != -1 ||
href.indexOf('https://') != -1) && href.indexOf(window.location.hostname) == -1) {
jQuery(this).attr("rel", "nofollow");
}
});
//]]>
</script>
<!-- End External Link No Follow -->

Itulah cara manfaat dan cara membuat link nofollow, semoga bermanfaat

By Bekenweb

Bekenweb.com adalah penyedia layanan jasa pembuatan website untuk sekolah, pesantren, toko online, bisnis, dan personal blog yang dilengkapi dengan fitur terbaik untuk meningkatkan mutu kualitas website.

One thought on “Manfaat dan Cara Membuat Rel=”Nofollow” Untuk Tautan Khusus”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *