wordpress

wordpress

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling popular dan banyak digunakan untuk membuat website, baik untuk bisnis personal, perusahaan, atau untuk personal blog, bahkan sangat mudah digunakan untuk semua keinginan si pembuat karena didukung banyak plugin-plugin dan theme premuim yang mempunyai fungsi sendiri dan saling melengkapi.

Tutorial yang akan kami bagikan ini untuk para blogger pemula namun boleh dipakai untuk yang sudah mahir, yaitu cara menginstall tema wordpress dengan cara manual dan instan artinya tema itu bisa diinstal melalui cpanel dan langsung lewat dasbor wordpress.

Cara manual ini digunakan disaat ukuran isi tema lebih besar dari muatan upload, misalkan wordpress Anda maksimum upload file sebesar 2 MB sedangan tema / theme berukuran 5MB ini sangat tidak mungkin bisa terinstal, solusinya dengan menggunakan cara manual, yaitu melalui Cpanel hosting.

Untuk cara instan yang kami maksud disini, tema yang sudah disediakan oleh WordPress secara gratis, hanya tinggal cari, install, dan aktifkan.

1. Cara Instan Install Tema WordPress

  1. Buka Dasbor wordpress Anda
  2. Buka Tampilan > Tema > Tambahkan Tema (ada dibagian atas)
  3. Cari tema yang sudah tersedia, bisa cari di bagian andalan, popular, terbaru, dan favorit. Jika ingin lebih cepat bisa gunakan pencarian melalui kotak pencarian
  4. Selanjutnya pilih Instal. Anda juga bisa melihat deskripsi tema dengan memilih Rincian & pratinjau
  5. Setelah instalasi selesai, klik Aktifkan untuk menerapkan diwebsite Anda

2. Cara Manual Install Tema WordPress

Untuk manual ini ada dua cara, pertama mengunggah melalui dasbor wordpress Anda dan yang kedua melalui Cpanel. Akan tetapi jika menggunakan cara pertama Anda harus terlebih dahulu mempunyai tema yang sudah terdownload di komputer dan ukuran tema lebih kecil dari maksimum upload. Bagi yang ingin mencari tema-tema bagus dan responsive bisa lihat disini.

Cara mengeceknya buka menu Media > Tambah Baru, lihat dibagian bawah terdapat keterangah maksimum upload seperti “Ukuran maksimal unggahan berkas: 64 MB.” Namun untuk ukuran maksimum ini setiap website bisa berbeda-beda tergantung settingannya.

Sedangan menggunakan cara kedua Anda bebas memilih ukuran tema dengan syarat masih memenuhi kapasitas hosting website Anda.

# Cara Pertama

wordpress
Klik gambar untuk memperbesar

Ket.

  1. Buka dasbor area website Anda Buka menu Tampilan
  2. Tema
  3. Tambahkan Tema
  4.  Unggah Tema
  5. Pilih file dari komputer Anda
  6. Pilih Instal sekarang
  7. Tunggu proses sampai selesai dan Aktifkan

#Cara Kedua

wordpress
Klik gambar untuk memperbesar

Ket.

  1. Login ke akun Cpanel Anda seperti www.namadomain.com/cpanel dan menuju Pengelola File
  2. Buka folder Public_html
  3. Buka folder Wp-content
  4. Buka folder Themes
  5. Pilih menu Unggah
  6. Klik tombol Select File untuk memilih tema dari komputer Anda dan tunggu sampai proses selesai dan tutup tab. Jika theme belum tersedia reload halaman browser Anda atau klik menu Memuatkan Ulang
  7. Klik pada nama Theme yang barusan Anda upload
  8. Pilih menu Ekstrak
  9. Untuk folder tetap kemudian klik tombol Ekstract File(s). Tunggu sampai proses selesai
  10. Klik Done untuk menutup

Setelah selesai semuanya, kembalilah ke dasbor wordpress Anda dan masuk ke menu Tampilan, lihat apakah tema sudah tersedia, jika sudah berarti Anda berhasil menguploadnya

Penutup

Itulah 3 cara menginstall tema wordpress, silahkan pilih dari 3 cara diatas disaat Anda membutuhkan. Jadi Anda tak perlu bingung disaat kapasitas maksimum upload file Anda tidak memenuhi. Mungkin cukup sekian dari kami, dan terima kasih sudah membacar artikel ini yang berjudul Cara Mudah Menginstall Tema WordPress Secara Instan dan Manual semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya 🙂

By Bekenweb

Bekenweb.com adalah penyedia layanan jasa pembuatan website untuk sekolah, pesantren, toko online, bisnis, dan personal blog yang dilengkapi dengan fitur terbaik untuk meningkatkan mutu kualitas website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *