Prinsip memilih web hosting

Prinsip Memilih Web Hosting

Ketika akan membuah website mandiri yang bahan utama yang harus disiapkan adalah domain dan hosting, karena tanpa dua itu tidak akan ada sebuah website. Hosting dan domain itu sendiri bisa didapat dari perusahaan yang penyediakan layanan ini, seperti Puskomedia, Rumahweb, Niagahoster, Dewaweb, Bluehost, Hostinger, Dapurhosting, dan lain sebagainya. Banyak di Indonesia perusahaan-perusahaan seperti ini, baik yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun maupun yang kurang.

Prinsip memilih web hosting
Prinsip memilih web hosting

Oleh karena itu kualitas suatu perusahaan hosting pun juga berbeda-beda, ada yang berkualitas tinggi, sedang, dan rendah. Dan perlu diwaspadai juga ketika memberli hosting dan domain di perusahaan dengan harga murah, bisa saja akan berbahaya pada wesbite anda nantinya, seperti lemot loading, mudah terserang hacker, mudah terjangkit virus, dan sebagainya.

Disini Bekenweb akan memberikan tips-tips dalam memilih hosting yang baik dan handal.

  • Lihat dulu layanan yang diberikannya
    Perlu dilihat juga perusahaan tersebut sepuas apa layanannya, seperti support 24×7 ? jika 24 jam online terus maka itu boleh dipilih, supaya disaat ada kendala pada website Anda, anda bisa menghubunginya pada jam berapa saja. Tidak hanya itu, perusahaan yang fast respon juga perlu diperhitungkan, karena dengan respon yang cepat akan membuat tamunya lebih senang.
  • Pilihlah perusahaan yang benar-benar berpengalaman dan profesional
    Dengan memilih perusahaan yang profesional, keamanan-keamanan website Anda akan terjaga, tidak mudahnya terserang virus, dan loading cepat pada website Anda. Untuk melihat seberapa tinggi kualitas perusahaan, bisa dilihat dari banyak pelanggannya, lama berdirinya, layanan yang diberikannya, dan harganya.
  • Harga
    Pepatah mengatakan “harga membawa rupa (kualitas)”, jika harga hosting dan domain murah, perlu diwaspadai, karena dengan harga kualitas juga berbeda, bisa saja harganya murah tapi layanan yang diberikan kurang memuaskan, lebih baik harga yang sedkit lebih mahal tapi layanan yang diberikan memuaskan.
  • Batasan transfer data
    Banyak sekali web hosting yang menawarkan fasilitas – fasilitasnya serba unlimited. Mungkinkah itu? Jelas tidak. Segala sesuatu yang bersifat teknis selalu memperhitungkan batasan – batasan kemampuan teknis.
  • Unlimited Space
    jelas tidak mungkin, apapun hardisknya selalu ada batasan quota space
  • Unlimited Traffic
    semua server yang di letakkan di datacenter memiliki batasan traffic dari datacenter tersebut. Selain itu, website dengan traffic yang besar sudah pasti menggunakan resource CPU lebih tinggi. Jadi janji – janji unlimited traffic jelas tidak lagi rasional!
  • Unlimited Database
    satu hal yang pasti, database yang besar atau jumlah database yang banyak akan memakan resource CPU dalam satuan yang sangat besar. Konsekuensinya server akan hang atau terganggu kinerjanya pada saat pemakaian CPU oleh customer berlebih. Akibatnya server akan down dan website Anda tentu saja akan menjadi korban.

By Bekenweb

Bekenweb.com adalah penyedia layanan jasa pembuatan website untuk sekolah, pesantren, toko online, bisnis, dan personal blog yang dilengkapi dengan fitur terbaik untuk meningkatkan mutu kualitas website.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *