Tips pilih nama domain untuk website
Tips pilih nama domain untuk website
Tips pilih nama domain untuk website.

Nama domain ibarat seperti ujung tombak suatu website, karena suatu website atau blog akan pertama dilihat adalah alamatnya.

Sebagaimana yang dikutip dari maxmanroe.com, Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Berikut ini tips memilih nama domain untuk website Anda.

1. Cari nama domain yang mudah diingat.

Orang lain akan lebih senang dengan nama-nama yang mudah diingat dan diucapkan. Oleh karena itu, carilah terlebih dahulu nama domain yang akan dipakai dengan nama yang mudah diingat, diucapkan, dan dimengerti. Dan juga jangan menggunakan karakter yang terlalu panjang, tetapi yang simpel dan bermakna.

2. Domain sesuai dengan nama atau bisnis.

Tambahkan satu kata atau dua kata sesuai nama bisnis Anda, contohnya website untuk jual beli motor baru dan bekas, jualbelimotor.com, website untuk jasa pembuat website dengan mencantumkan nama web, host, cloud, hoster, hosting, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Top Level Domain (TLD)

Contoh TLD diantarana .com, .net, .co.id, .org, .go.id, dan lain-lain. Domain TLD ada 2 jenisnya :

  1. gTLD (Global Top Level Domain) adalah domain yang umum digunakan, contoh .com, .net, .gov, .org, .info, .edu, .biz, dan lain sebagainya.
  2. ccTLD (Contry Code Top Level Domain) adalah nama domain yang pada wilayah tertentu,. Jika di Indonesia menggunakan .id, maka TLD nya ditambabahi .id. Contoh .co.id, .my.id, .web.id, .sch.id, dan lain sebagainya.

3. Jangan menggunakan nama domain yang buruk

Domain yang mengandung kebencian, sara, porn, dan nama buruk lainnya, itu akan membuat wesbite tersebut terlihat buruk, maka hindarilah.

4. Hindarilah karakter khusus pada domain

Ini juga akan mempersulit orang lain mengingatnya. Karakter khusus seperti – (garis), contoh toko-onlineku.com. Domain seperti ini kurang nyaman dilihat. Domain yang baik itu tanpa ada karakter khusus. Selain itu juga, penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah website atau situs.

5. Jangan meniru merk dagang perusahaan lain.

Apabila meniru merk dagang perusahaan lain ini bisa menyebabkan pelanggaran pada hak cipta perusahaan. Contoh perusahaan seperti amazon.com, facebook.com, twitter.com, whatsapp.com, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang sebelum membeli domain.

6. Belilah domain diperusahaan terpercaya.

Perusahaan terpercaya penyedia layanan domain di Indonesia seperti :

  • Puskomedia.id
  • Domainesia.com
  • Niagahoster.co.id
  • Jagoanhosting.com
  • Rumahweb.com
  • Dapurhosting.com
  • Masterweb.net

Jangan membeli domain yang murah dari situs abal-abal, ini sangat berbahaya. Apabila situs itu bangkrut atau tutup, bisa-bisa domain Anda juga hilang, tentunya website Anda juga bakalan hilang. Oleh karena itu carilah perusahaan yang terpercaya dan profesional.

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan anda bisa menemukan domain yang cocok dengan blog atau website yang akan anda bangun. Bila ada masukan dan pertanyaan silahkan kirimkan komentar anda!

By Bekenweb

Bekenweb.com adalah penyedia layanan jasa pembuatan website untuk sekolah, pesantren, toko online, bisnis, dan personal blog yang dilengkapi dengan fitur terbaik untuk meningkatkan mutu kualitas website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *